Selamat datang di CaraGampang.Com

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sedang Flu

Kamis, 07 Februari 20130 komentar


Memasuki musim hujan seperti saat ini, virus flu lebih mudah menular. Makanan bisa menjadi teman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga bisa menjadi musuh yang makin memperparah flu.

Saat musim hujan, yang Anda lakukan sebaiknya adalah cara pencegahan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi bila virus flu sudah terlanjur menyerang tubuh, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari.

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat tubuh sedang diserang flu, seperti dilansir Livestrong, Kamis (7/2/2013):

1. Gorengan

Selain dapat memperlambat proses pencernaan, gorengan atau makanan yang digoreng juga memperlambat kemampuan tubuh untuk mengeluarkan virus penyebab flu dari dalam tubuh.

2. Makanan manis

Menurut buku 'Diets for Healthy Living: Dr. Linda Page's Natural Solutions to America's 10 Biggest Health Problems', gula mencegah tubuh memerangi virus yang menyebabkan gejala flu.

Makan makanan yang mengandung banyak gula seperti cake, permen dan kue dapat mencegah tubuh mengatasi hidung tersumbat yang merupakan keluhan umum saat flu. Gula membuat lendir dapat bertahan lama di saluran pernapasan karena lingkungannya yang hangat dan lembab, sehingga menyediakan tempat yang nyaman bagi virus.

Makanan lain yang sebaiknya dipantang saat flu adalah makanan tinggi lemak seperti kentang goreng dan makanan cepat saji.

3. Produk susu

Susu dapat menyebabkan lendir di paru-paru dan sinus bertahan lebih lama. Virus tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembab yang disediakan oleh lendir, yang dapat membuatnya tinggal di dalam tubuh lebih lama dan juga dapat menyebabkan gejala flu lebih parah.

Ganti susu dengan air atau jus buah segar sampai gejala flu Anda sembuh. Sebaiknya juga hindari semua produk susu selama beberapa minggu setelah flu sembuh. Ini akan membantu paru-paru pulih sempurna.

4. Daging

Lemak hewani menghalangi kemampuan tubuh untuk menyingkirkan kuman yang menyebabkan gejala flu, sehingga flu akan berlangsung lama atau mengalami gejala yang lebih parah.

Ganti ayam dan daging dengan makanan nabati, seperti salad hijau yang mengandung banyak antioksidan sehingga dapat melawan infeksi lebih cepat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Setiawan Ragil_My World is Your World - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger