Selamat datang di CaraGampang.Com

Mobile Internet, Penyelamat Telekomunikasi RI

Rabu, 06 Februari 20130 komentar



"Ini adalah waktu yang tepat untuk memulihkan pasar yang jenuh."




 Perkembangan industri telekomunikasi masih dihiasi dengan masa jenuh pada layanan dasar, baik itu SMS maupun suara. Kondisi ini tentu mempersulit para operator yang ingin terus mencatat pertumbuhan.

Di Indonesia, menurut catatan lembaga riset Frost and Sullivan, penetrasi ponsel seluler tumbuh lambat.

Pada tahun 2012, setiap 100 populasi, orang yang mempunyai ponsel adalah 75 orang, tapi 2013 diprediksi hanya 80 orang dari 100 populasi.

Saat ini, momentum yang bisa dikembangkan operator adalah pertumbuhan mobile Internet yang tumbuh makin pesat.

Pasalnya, lembaga riset Forst and Sullivan mencatat tarif mobile Internet semakin murah. Catatan lembaga ini menyebutkan, di tahun 2012, penggunaan layanan data mobile untuk 1 GB per bulan hanya US$10, atau setara Rp97.100.

Sedangkan, di tahun 2013, konsumsi data dengan kuota yang sama diprediksi hanya US$ 2,5 saja, alias Rp25.000.

Dev Yusmanda, Head of Consulting ICT Practise Forst and Sullivan Indonesia, menyarankan agar operator perlu memikirkan pertumbuhan mereka tetap eksponensial.

"Penggunaan data atau Internet melalui mobile meningkat melebihi konektivitas," ujarnya kala ditemui di sela acara Prediksi Industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) Indonesia 2013, di Senayan-Jakarta, Rabu 6 Febuari 2013.

Oleh karena itu, dia menambahkan, layanan data mobile yang menawarkan nilai tambah perlahan-lahan menjadi sumber pendapatan baru yang penting bagi operator.

Di luar segmen komunikasi data, Dev mengatakan, sumber pendapatan yang bisa diraup operator, yaitu mobilisasi piranti teknologi yang mempunyai fitur seperti ponsel pintar, mobile payment, mobile e-commerce, dan mobile advertising.
"Gaya hidup masyarakat Indonesia sudah sampai di tahap mobile data," tuturnya.

Terlebih lagi, perangkat nirkabel diprediksi tumbuh signifikan tahun ini. Diperkirakan wireless dongle tumbuh rata-rata per tahun (CAGR) 47,5 persen, ponsel pintar hanya 16,1 persen, dan komputer tablet hanya 11,6 persen. (eh)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Setiawan Ragil_My World is Your World - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger